Kamis, 11 September 2008

perkembangan Hasil Pilkada Sumsel


ALDY Ditetapkan Sebagai Gubernur Terpilih

Palembang, Sonora — Hari ini merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Sumatera Selatan, sebagai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan penyampaian hasil rekap penghitungan suara dan rapat pleno terbuka tingkat provinsi Sumatera Selatan.

Akhirnya KPU Sumsel menutup rapat pleno rekap penghitungan suara yang dibacakan oleh ketua KPU Sumsel, Syafitri Irwan, mengumumkan berdasrkan hasil penghitungan suara yang didapt dan dinyatakan sah berdasrkan suara terbanyak akan ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur Sumsel periode 2008-2013 yang akan berlaku mulai pengumuman ini dikeluarkan dan diumumkan kemasyarakat luas selambat-lambatnya tiga hari setelah keputusan penetepan.

Pernyataan tersebut disampaikan beerdasarkan beerita acara yang ditandatangani oleh empat anggota KPU Sumsel dan ketua serta saksi dari pasangan ALDY dan SOHE.

Penetapan ini diambil berdasarkan jumlah total akhir penghitungan suara pasangan nomor urut satu, Alex Noerdin- Edy Yusup (ALDY) mendapat jumlah suara 1.866.390 dan pasangan nomor urut dua, Syahrial Oesman-Helmy Yahya (SOHE) 1.764.373, dari total suara yang sah 3.630.763 dan suara tidak sah 73.828. Dari jumlah data pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan sebanyak 5.089.536 DPT.

Saat rapat pleno dan penghitungan suara dilakukan, di luar kantor KPU dengan jarak radius 700 meter terjadi aksi massa dari pendukung pasangan SOHE. “Tiga oknum diamankan karena membuat keributan yang dilakukan oleh aktivis berasal dari luar kota palembang, namun dari salah satu kabupaten yang berada di Sumsel,” demikian dijelaskan Kapoltabes Palembang, Kombes Lucki Hermawan.

Di hari yang sama juga, kantor KPU Sumsel dijaga ketat oleh tim gabungan dari Polri dan TNI yang jumlahnya 3000 personil siaga dengan pakaian dan peralatan lengkap. Semua jalan akses menuju kawasan kantor KPU jalan Pangeran Ratu ditutup. Untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dari tim gabungan menyiapkan beberapa kendaraan roda empat, yaitu pengaman datasement densus 88, watercanon, kendaraan huru hara, satu mobil pemadam kebakaran, dan dua helikopter serta memasang pagar kawat disekitar kantor KPU. (ydi)


0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger